Bagaimana Kondisi Hamil 6 Bulan?

Bayi Anda sekarang mempunyai panjang sekitar satu kaki atau seukuran buah pepaya. Beratnya sekitar 1,3 kg dan akan bertambah setiap minggu. Pada 24 minggu setelah kehamilan, bayi sudah dianggap layak dan memiliki peluang untuk bertahan hidup jika mereka dilahirkan secara prematur.

Meskipun bayi Anda saat ini hanya bisa berbaring telentang dan tumbuh sedikit lebih lama, namun ada beberapa perubahan halus yang terjadi di dalam tubuh mereka. Paru-paru kecil mereka sudah matang sehingga mereka dapat menghirup udara yang sebenarnya daripada cairan, dan organ-organ di telinga mereka mulai berkembang lebih lanjut sehingga mereka dapat mendengar suara dengan lebih baik terutama detak jantung dan suara Anda!

Wajah bayi pada usia ini sudah terbentuk dengan bulu mata, alis, dan rambut. Rambut bayi masih tampak berwarna putih karena kekurangan pigmen, tetapi akan segera mulai berubah warna.

Fakta Hamil 6 Bulan

Dibawah ini ada beberapa fakta mengenai kehamilan 6 bulan, diantaranya seperti:

  • Bayi Anda dapat mendengar suara Anda sekarang, jadi pastikan untuk sering mengobrol dan bernyanyi
  • Wajah bayi sudah sepenuhnya terbentuk dengan bulu mata, alis, dan rambut
  • Tubuh Anda menghasilkan lebih banyak lendir pada kehamilan, yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, sinusitis, dan sakit kepala
  • Paru-paru kecil bayi sudah matang sehingga mereka bisa menghirup udara yang sebenarnya daripada cairan

Gejala Hamil 6 Bulan

Sakit perut

Menjelang akhir trimester kedua, biasanya Anda mengalami nyeri ligamen bulat, yang secara sederhana meregangkan rasa sakit di pinggul dan di bawah perut karena berat dan tekanan ekstra yang Anda bawa sekarang. Rahim Anda ditopang oleh ikatan ligamen tebal yang membentang dari selangkangan hingga sisi perut. Ikatan ligamen yang tebal ini meregang dan menipis untuk memungkinkan bertambahnya berat badan.

Saat rahim Anda tumbuh, ikat pinggang atau sabuk bersalin dapat membantu mendistribusikan berat untuk mengurangi tekanan ini dan membawa kenyamanan. Jika Anda memilih untuk mencoba sabuk kehamilan, Anda akan menemukan sebagian besar sabuk memiliki panel samping elastis untuk membantu Anda menemukan kenyamanan dan dapat disesuaikan untuk mengakomodasi perut yang semakin membesar.

Sakit punggung

Pungung Anda akan sering merasakan pegal seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Tulang belakang tidak terbiasa menopang kelebihan berat seperti saat kehamilan dibandingkan dengan keadaan saat tidak hamil, hal ini dapat mempengaruhi postur tubuh Anda dan dapat menyebabkan sakit punggung. Rasa sakit di punggung Anda bisa menjadi sakit yang ringan tetapi ada beberapa ibu hamil merasakan rasa sakit yang lebih parah. Jika Anda merasa sangat terganggu dengan hal tersebut, bicarakan dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Hamil 6 Bulan

Anda mungkin merasa lebih lelah pada usia hamil 6 bulan atau bahkan sulit untuk tidur atau tetap tertidur. Jadi sebelum tidur pastikan Anda menghindari kafein, dan cobalah makan malam lebih awal dari biasanya. Gunakan bantal untuk membuat diri Anda lebih nyaman.

Berbaringlah dengan menopang bagian tubuh dengan bantal. Letakkan bantal lain di antara kaki dan satu di bawah perut untuk membuat Anda merasa rileks.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *