Mengenal Fakta Dan Perkembangan Hamil 4 Bulan

Panjang bayi Anda pada usia ini sekitar 11,6 cm sekarang dan seukuran dengan buah jeruk. Semua anggota badan dan persendian mereka sekarang telah sepenuhnya terbentuk. Mereka mungkin juga telah ‘menemukan’ ibu jari mereka dan mencari cara untuk mengisapnya sekarang. Betapa imutnya itu?

Pada usia ini tulang punggung mereka menjadi lebih kuat, bayi Anda akan mulai meluruskan kepala dan leher mereka lebih banyak. Sistem saraf mereka juga membuat koneksi ke semua otot mereka sehingga Anda mungkin merasakan bayi Anda mulai bergerak lebih banyak dan juga telah memiliki refleks.

Otot-otot wajah bayi Anda sekarang juga sudah dapat bergerak, yang berarti bahwa ekspresi wajah bayi mulai muncul, meskipun bayi belum bisa mengendalikannya. Bayi juga bisa menyentuh dan bermain dengan tali pusar dan pada saat ini kemampuan untuk menggenggam akan lebih berkembang. Kulit bayi pada usia ini masih tembus cahaya, dan jika bisa mengintip Anda akan dapat melihat pembuluh darah di bawah kulit mereka.

Perkembangan Hamil 4 Bulan

  • Janin yang berumur empat bulan akan berpaling jika cahaya terang menyinari perut ibu
  • Bayi menguap di dalam rahim
  • Mata bayi mulai menjadi sensitif terhadap cahaya
  • Panjang bayi sekitar 11,6 cm setara dangan ukuran jeruk
  • Bayi Anda bisa mengepalkan dan mengisap jempolnya
  • Sementara kelopak mata bayi Anda masih menyatu tertutup, namun dapat menggerakkan mata.

Fakta Hamil 4 Bulan

Fakta yang perlu diketahui pada bulan ke-4 kehamilan Anda diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Karena kandungan mangannya yang tinggi, nanas dikatakan membantu mencegah stretchmark
  • Paru-paru menjadi sesak karena bayi yang terus tumbuh dan berarti
    Anda akan sulit untuk mengatur napas dari waktu ke waktu
  • Sering ingin buang air kecil
  • Posisi tidur yang mulai tidak nyaman

Gejala Hamil 4 Bulan

Dibawah ini ada beberapa gejala kehamilan 4 bulan yang harus Anda ketahui, diantaranya seperti:

Sakit punggung

Gejala yang sangat umum terjadi dalam kehamilan adalah sakit punggung , gejala ini dapat mulai memengaruhi calon ibu sejak awal kehamilan menjelang persalinan. Hal ini sering terjadi pada trimester kedua dan ketiga dan bisa menjadi lebih buruk ketika berat badan Anda meningkat dan perut semakin membesar.

Mata sensitif dan gatal

Bahkan jika Anda tidak pernah memiliki masalah dengan mata Anda, kehamilan dapat menyebabkan Anda menderita mata kering, sensitif dan bahkan gatal (sindrom mata kering lebih sering terjadi pada kehamilan kedua atau selanjutnya). Gejala kehamilan khusus ini, membuat Anda merasa seperti ada debu di mata. Ada obat yang dapat membantu meringankan gejala ini, akan tetapi penting untuk berbicara dengan bidan, dokter, atau apoteker terlebih dahulu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *