Mengenal Kondisi Hamil 5 Bulan

Pada minggu ke 20 atau ketika Anda hamil 5 bulan, bayi Anda sekarang akan berukuran sekitar 16,5 cm dari kepala ke pantat dan sekitar 25 cm dari kepala hingga tumit. Mereka seukuran tomat besar dan tumbuh dengan cepat!

Perkembangan Janin 5 Bulan

Jika ruang memungkinkan, mereka akan semakin sering bergerak menendang-nendang dan mungkin akan mengejutkan Anda saat ia melakukannya.

Meskipun mereka sekarang tumbuh semakin besar dan kuat, ada beberapa elemen kunci dari perkembangan mereka yang terjadi ketika saraf di otak mereka yang mengendalikan indera masih terbentuk dan pada akhirnya memungkinkan mereka untuk mencium, melihat, mendengar, merasakan dan menyentuh.

Bayi juga akan mulai memproduksi mekonium di usus . Ini adalah campuran yang tidak berbahaya dari cairan ketuban yang telah ditelan bayi, sekresi pencernaan, dan sel-sel kulit mati yang akan membentuk gerakan usus pertama bayi Anda setelah lahir.

Pada saat melakukan USG, bayi Anda akan diukur untuk memastikan pertumbuhannya normal. Organ-organ utama akan diperiksa untuk memastikan perkembangan yang tepat. Selain itu cairan ketuban, lokasi plasenta, dan detak jantung janin semuanya akan diperiksa untuk memastikan bayi tumbuh dengan sehat. Pemeriksaan Sonografi dapat memperlihatkan otak, tulang, wajah, jantung, ginjal, sumsum tulang belakang, sistem pencernaan, dan perut bayi Anda. Pemariksaan ini juga akan menunjukkan posisi plasenta.

Plasenta yang menempel pada bagian bawah rahim kadang-kadang dapat diidentifikasi pada pemeriksaan USG. Jangan terlalu khawatir karena pada 90% kasus, saat bayi Anda tumbuh maka rahim yang membesar secara alami dapat menarik plasenta ke atas menjauhi serviks.

Tahukah Anda?

  • Sekarang bayi Anda dapat mendengar detak jantung Anda dan suara-suara luar seperti musik
  • Rambut bayi Anda mulai tumbuh
  • Bayi Anda bergerak sangat aktif didalam rahim
  • Dari 20 minggu dan seterusnya bayi diukur dari bagian atas kepala hingga tumit

Gejala Hamil 5 Bulan

Keputihan

Peningkatan keputihan adalah gejala kehamilan yang umum. Biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan, tetapi jika cairannya berubah warna dan Anda merasakan sakit, segera periksalah ke dokter! Keputihan sering dipicu oleh perubahan hormon, itulah sebabnya Anda mungkin sering melihatnya dalam jumlah yang lebih besar selama kehamilan.

Meskipun demikian, keputihan tidak boleh berbau tajam atau menghasilkan gejala lain seperti berubah warna, menjadi berat atau tebal, atau memiliki bau yang kuat itu mungkin merupakan tanda infeksi jadi bicaralah dengan profesional kesehatan Anda.

Pingsan dan pusing

Ini bisa menjadi sesuatu yang Anda derita sepanjang kehamilan atau Anda mungkin merasa itu datang dan pergi. Ini bukan penyakit dalam diri Anda tetapi secara harfiah gejala ini muncul sebagai tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Apabila hal ini terjadi, Anda mungkin disarankan untuk tidak berbaring telentang untuk menghindari perut Anda yang semakin besar menekan pembuluh darah vena cava.

Berbaring dalam posisi ini dapat membuat Anda merasa pusing, tetapi ada beberapa alasan lain yang dapat membuat Anda merasa pusing seperti anemia, dehidrasi, dan kadar gula darah rendah. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur terlentang (setelah 28 minggu kehamilan) juga meningkatkan resiko bayi lahir mati. Namun, Anda tidak perlu cemas tentang hal ini, tetapi cobalah tidur pada posisi yang paling aman dan nyaman karena malam hari merupakan waktu yang paling lama untuk tidur.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *