Mengenal Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Ya, sudah hampir dua bulan sejak Anda melahirkan! Saat bayi Anda mencapai tonggak ini, kami yakin Anda memiliki banyak pertanyaan tentang perkembangan mereka. Inilah yang diharapkan saat bayi Anda mencapai tonggak ini.

Perkembangan Bayi 2 Bulan Secara Fisik

Pada usia dua bulan bayi Anda akan tumbuh sekitar dua inci dan otak mereka sedang menuju tonggak sejarah itu juga. Lemak mungkin terbentuk dan membalut pipi bayi karena otot mereka terbiasa makan.

Perubahan pada rambut bayi Anda juga merupakan kemungkinan yang nyata, mereka dilahirkan dengan beberapa rambut dan akan rontok atau terlahir tanpa rambut dan kemudian tumbuh. Anda bahkan dapat melihat mereka mengembangkan warna mata alami mereka, berlawanan dengan warna biru yang dimiliki kebanyakan bayi sejak lahir.

Bayi Anda menemukan lengan dan kakinya sekarang, yang berarti merekan akan semakin banyak meraih dan menendang. Saat ia menguji refleks barunya, gerakan-gerakan itu mungkin tampak sedikit bergerigi pada awalnya, tetapi pada akhir minggu ke delapan gerakan-gerakan itu akan tampak lebih terkoordinasi dan terkendali.

Berat Normal Bayi usia 2 Bulan

Bayi Anda kemungkinan akan bertambah antara 2-3 pon sejak lahir, tetapi setiap bayi berbeda. Jika Anda belum menimbang mereka, tanda dua bulan adalah waktu yang tepat untuk mencoba, meskipun mereka seharusnya ditimbang pada pemeriksaan dokter ke-6 minggu mereka.

Perkembangan Bayi 2 Bulan Secara Kognitif

Bayi Anda akan mulai menyadari betapa menyenangkannya tersenyum, dan kemungkinan akan menunjukkan gusinya kepada semua orang sekarang, apakah itu Anda, saudara Anda, atau orang asing di jalanan. Mereka mulai memperhatikan perbedaan di antara orang-orang, jadi Anda mungkin mendapati mereka menatap orang-orang dengan kacamata atau potongan rambut orang asing dengan seksama.

Karena mereka lebih waspada lebih lama dan dapat fokus lebih jauh sekarang, mereka akan terpaku pada warna dan pola yang berbeda. Pendengaran bayi Anda juga harus meningkat, dan mereka akan segera dapat membedakan suara-suara yang berbeda.

Berada didekat banyak orang akan membantu keterampilan sosial bayi Anda, terutama jika mereka memiliki anggota keluarga yang dapat bermain dengan lembut bersama mereka. Namun, jangan terlalu merangsang mereka dan memastikan mereka harus mendapatkan kedamaian dan ketenangan juga.

Imunisasi Untuk Bayi usia 2 Bulan

Akhirnya saatnya untuk janji imunisasi pertama! Jangan khawatir, kami memiliki beberapa kiat hebat untuk meredakan ketakutan Anda dan membuat janji temu sebebas mungkin untuk Anda. Pada imunisasi pertama ini, bayi Anda akan menerima dosis pertama injeksi 5-in-1 untuk melawan difteri, tetanus, batuk rejan, polio, dan Hib (haemophilus influenza tipe B).

Kemudian, mereka akan mendapatkan PCV (vaksin konjugat pneumokokus) yang melawan infeksi pneumokokus, vaksin Rotavirus (yang merupakan penyebab umum diare dan penyakit) dan Grup B Meningokokus yang melindungi terhadap hal-hal seperti meningitis dan septikemia.

Mereka akan menerima vaksinasi ini baik dengan suntikan atau rotavirus secara oral (cairan jatuh ke mulut mereka). Suntikan diberikan di paha atas mereka, satu suntikan untuk setiap kaki. Meski terdengar traumatis, hanya perlu beberapa detik.

Jika bayi Anda menderita batuk atau pilek, imunisasi masih dapat dilanjutkan, tetapi jika demam, diare, atau sangat tidak sehat, vaksinasi dapat ditunda.

Satu skenario yang sangat mungkin terjadi adalah bayi Anda mungkin mengalami demam dari vaksin meningitis B. Perawat yang memberikan imunisasi mungkin menyarankan Anda untuk memberikan mereka parasetamol bayi sesudahnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *