Mengenal Tahap Perkembangan Bayi Usia 1-12 Bulan

Tahap perkembangan bayi dari hari ke hari, minggu ke minggu, hingga bulan ke bulan pastinya tidak akan pernah Anda lewarkan begitu saja, bukan? Terutama bagi Anda seorang ibu baru. Dengan Anda mengikuti pertumbuhan dan juga perkembangan si kecil, pastinya hal ini akan membuat Anda sangat bahagia. Apalagi jika harus melihat proses tumbuh kembang mereka secara bertahap, pasti akan membuat Anda berkesan ya moms.

Moms, penting untuk diketahui, bahwa tidak semua bayi memiliki tumbuh kembang yang sama. Mengapa? Karena banyak faktor yang akan membedakan tahap kembang setiap bayi. Akan tetapi berbeda dengan bayi yang tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat, mereka pasti akan menunjukkan tingkat perkembangan yang signifikan yang tidak akan pernah kita perkirakan.

Jika Anda merasa khawatir dengan tumbuh kembang buah hati Anda yang memang berbeda dengan tumbuh kembang bayi lainnya, misalkan perkembangannya lebih lambat atau bahkan justru lebih cepat, maka Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter anak, agar Anda bisa mengetahui apakah ada masalah terhadap tahap kembang buah hati Anda atau tidak.

Tahap Perkembangan Bayi 1-12 Bulan

Dibawah ini ada penjelasan mengenai tumbuh kembang atau tahap perkembangan bayi yang dimulai dari usia 1-12 bulan, diantaranya adalah sebagia berikut:

Perkembangan Bayi 1 Bulan

Diawal kelahiran atau di hari pertama mereka hidup di dunia ini setelah di lahirkan, umumnya bayi belum bisa membuka kedua matanya. Namun setelah beberapa hari, buah hati Anda sudah mulai bisa melihat dengan jarak pandang sekitar 20 cm. Dibulan pertama ini umumnya bayi akan mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. Bahkan mereka juga mulai memiliki gerakan refleks yang bekerja secara alami, memiliki tingkat kepekaan terhadap sentuhan, bahkan secara refleks kepalanya akan bergerak kea rah bagian tubuh yang di sentuh.

Moms, di usia 1 bulan ini bayi sudah bisa tersenyum sedikit demi sedikit. Bahkan ia sudah bisa berkomunikasi dengan Anda meskipun masih dalam bentuk tangisan. Jika ia merasa tidak nyaman, lapar, haus, atau bahkan popoknya terasa basah, ia akan memberi tahu kita dengan menangis.

Perkembangan Bayi 2 Bulan

Memasuki usia 2 bulan, buah hati Anda saat ini sudah bisa meihat dengan jelas, bahkan ia sudah bisa membedakan antara muka dan suara. Si kecil juga sudah bisa menggerakkan kepalanya ke bagian kiri kanan bahkan tengah. Jika ia mendengar suara keras, ia akan memberikan reaksi kaget atau bahkan terkejut.

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Moms tahu tidak, menginjak usia 3 bulan ternyata buah hati Anda sudah bisa mengangkat kepalanya, meksipun baru setinggi 45 derajat. Bahkan ia sudah bisa memberikan respon dengan ocehannya yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya tersenyum, di usia 3 bulan ini buah hati Anda juga sudah bisa mulai tertawa dengan suara yang cukup keras, dan juga ia sudah bisa membalas senyuman ketika Anda mengajaknya berkomunikasi atau ketika Anda tersenyum. Hebatnya lagi, meskipun usianya maish snagat kecil, namun ia sudah bisa mengenali ibunya sendiri.

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Di usia 4 bulan, umumnya bayi sudah bisa membalikkan badannya, yang semulanya terlentang menjadi telungkup. Bahkan di usianya ini mereka sudah bisa mengangkat kepalanya setinggi 90 derajat. Jika Anda memberikan mainan kepada buah hati Anda, biasanya mereka akan mengganggam benda yang diberikan tersebut dengan jari-jarinya, bahkan jarak pandangnya juga sudah semakin meluas.

Perkembangan Bayi 5 Bulan

Memasuki usia 5 bulan, bayi sudah bisa mempertahankan posisi kepalanya yang tetap tegak dan juga stabil. Bahkan ia sudah bisa memainkan serta memegang tangannya sendiri. Jika Anda memainkan suatu benda, biasanya mata mereka sudah bisa tertuju pada benda tersebut, seklipun ukurannya kecil.

Perkembangan Bayi 6 Bulan

Selamat moms, saat ini bayi Anda sudah menginjak usia 6 bulan, dimana biasanya bayi 6 bulan sudah bisa mengenal MPASI atau makanan pendamping ASI. Mereka juga sudah bisa meraih setiap benda yang ada di jangkawannya. Ketika mereka tertawa, terkadang buah hati Anda akan memperlihatkan kegembirannya dengan suara tertawa yang sangat ceria. Jangan khawatir jika Anda melihat si kecil berceloteh atau tertawa sendiri, karena di usia ini mereka juga sudah bisa bermain sendiri. Bahkan jika Anda mengajaknya bermain, mereka sudah bisa tersenyum.

Perkembangan Bayi 7 Bulan

Di usia 7 bulan umumnya bayi sudah bisa duduk dengan posisi kaki bersila. Mereka juga sudah mulai belajar untuk merangkak dan juga sudah bisa bermain tepuk tangan serta cilukba.

Perkembangan Bayi 8 Bulan

Untuk perkembangan bayi 8 bulan, biasanya bayi sudah bisa merangkak untuk menjangkau mainan yang ada di sekitarannya atau mainan yang ia lihat. Buah hati Anda juga sudah bisa memindahkan benda atau bahkan mainan dari satu tangan ke tangan yang lainnya. Untuk celotehannya, saat ini tidak hanya sebatas baba atau tata, namun juga sudah bisa mengeluarkan suara seperti mama, papa, tata, jaja, dada dan sebagainya. Jika Anda memberikan kue, ia juga sudah bisa memakannya sendiri.

Perkembangan Bayi 9 Bulan

Di usia 9 bulan, umumnya bayi sudah bisa belajar berdiri dengan menggunakan kedua kakinya, yang mana juga ikut menyangga berat badannya saat itu. Ia juga sudah bisa mencari mainan yang terjatuh dari kedua tangannya dan kembali meraihnya. Selain itu, di usia 9 bulan ini, bayi sudah mulai bisa melempar beberapa benda atau mainan yang ia temukan.

Perkembangan Bayi 10 Bulan

Ketika memasuki usia 10 bulan, umumnya bayi sudah bisa belajar untuk mengangkat beban tubuhnya ke posisi berdiri. Ia juga sudah bisa memegang benda dengan sangat erat. Bahkan ia sudah bisa mengulurkan tangan untuk meraih atau menerima benda atau mainan yang di berikan kepadanya.

Perkembangan Bayi 11 Bulan

Bukan hanya belajar mengangkat beban tubuhnya, namun ia juga sudah bisa berdiri dan juga berpegangan dengan sendirinya dalma kurun waktu 30 detik. Bahkan di usia ini si kecil juga mulai suka memasukkan mainan atau bahkan benda apapun yang ditemukanya ke dalam mulut, mungkin di karenakan kondisi gusi yang gatal karena giginya mulai tumbuh, Hebatnya lagi, buah hati Anda juga sudah bisa menirukan bunyi yang ia dengar.

Perkembangan Bayi 12 Bulan

Di usia 12 bulan bayi sudah mulai belajar berjalan, meskipun masih di papah. Ia juga sudah bisa belajar menyebutkan 2 atau bahkan 3 suku kata yang sama. Di usia ini juga buah hati Anda mulai bis amengembangkan rasa ingin tahunya, terutama di sekitaran tempat tinggal. Bahkan ia juga sudah bisa mengenali teman atau bahkan keluarganya di rumah.

Pada tahap perkembangan bayi inilah Anda bisa melihat buah hati Anda tumbuh dan berkembang dengan baik di setiap bulannya. Normal atau tidaknya, semua itu akan tergantung pad acara Anda merawat mereka serta cara penanganan sedari dini. Maka dari itu, penting untuk Anda memberikan gizi dan nutrisi yang tepat sedari dini, dan juga memberikan pengasuhan yang tepat serta kasih sayang yang berlimpah.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *