Perkembangan dan Gejala Hamil 3 Bulan

Bayi mungil Anda sekarang memiliki panjang sekitar 5,4 cm yang padat, dan telah terbentuk sempurna. Mereka akan bergerak banyak pada tahap ini, tetapi Anda masih belum bisa merasakan gerakannya pada usia ini karena mereka masih memiliki banyak ruang. Kelopak mata masih menyatu dan tertutup pada usia 12 minggu dan akan terbuka pada usia sekitar 27 minggu. Pergelangan tangan serta siku kecil mereka akan menekuk saat mereka bergerak.

Perkembangan Hamil 3 Bulan

Di usia 3 bulan kehamilan, biasanya janin di dalam rahim sudah berkembang dengan baik, seperti:

  • Pada saat ini, bayi telah memproduksi urin yang dikeluarkan di dalam cairan ketuban disekitarnya
  • Bayi mungil Anda sekarang sepenuhnya sudah terbentuk dan berukuran sekitar 5,4 cm
  • Pergelangan tangan dan siku kecil bayi Anda akan menekuk saat bergerak
  • Kuku jari tangan dan kaki bayi terbentuk
  • Selain kerangka yang berkembang, organ dan usus bayi juga telah berkembang

Hamil 3 Bulan

Saat perut Anda semakin membesar, Anda mungkin akan mengalami stretch mark ketika tubuh Anda mulai beradaptasi dengan pertumbuhan si kecil. Hal ini umum dan dapat terjadi pada 90% wanita.
stretch mark terjadi karena kombinasi dari perubahan hormon dan kenaikan berat badan yang dapat mulai menyebabkan lapisan tengah kulit Anda yang biasanya elastis (dermis) pecah di beberapa tempat, yang kemudian memungkinkan lapisan yang lebih dalam untuk terlihat.

Stretch mark biasanya berbentuk seperti garis-garis tipis merah atau ungu sempit. Namun, begitu bayi Anda telah lahir,stretch mark akan berubah warna dan memudar menjadi putih keperakan, atau garis abu-abu kurang terlihat.

Apa Yang Harus Dilakukan?

Cuti hamil mungkin masih terasa jauh untuk diambil, tetapi Anda mungkin mempertimbangkan hal-hal seperti kapan harus memberi tahu pekerjaan, kapan Anda bisa mengambil cuti hamil, dan berapa banyak gaji bersalin yang akan Anda dapatkan serta hak-hak Anda di tempat kerja.

Gejala Hamil 3 Bulan

Ada beberapa gejala kehamilan yang umumnya dialami ibu hamil, diantaranya seperti:

Kembung

Bahkan sebelum Anda menunjukkan tanda-tanda benjolan kehamilan, Anda dapat berpikir bahwa Anda menunjukkan perut Anda buncit dan di kemudian hari pakaian Anda terasa lebih ketat di sekitar pinggang. Hormon menyebabkan perut kembung dan dapat menyebabkan pencernaan Anda melambat sehingga menyebabkan gangguan pencernaan, angin terperangkap, dan gejala lainnya.

Sakit kepala

Sakit kepala mungkin masih menjadi gejala awal kehamilan yang umum dan masih mengganggu Anda. Penyebabnya bisa karena tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan besar karena kehamilan yang sedang berlangsung. Sakit kepala normal akan terasa berbeda dengan sakit kepala yang dirasakan selama kehamilan Anda. Ingatlah bahwa jika Anda adalah seorang peminum kafein berat sebelum Anda hamil , itu bisa menjadi penarikan kafein dalam tubuh yang menyebabkan sakit kepala Anda saat ini, yang dapat Anda laukan adalah mencari tahu tentang cara mengatasi sakit kepala selama kehamilan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *