Perkembangan Ibu Hamil Dari Bulan ke Bulan

Setelah terjadinya proses pembuahan yang terjadi di dalam Rahim Anda, maka umumnya janin akan terus tumbuh dan berkembang dari minggu ke minggu hingga bulan ke bulan. Perlu Anda ketahui, bahwa perkembangan janin dalam kandungan ibu hamil akan berbeda setiap bulannya, baik dilihat dari segi ukuran, organ tubuh yang terbentuk serta kemampuan fisik lainnya. Dengan memahami perkembangan janin yang berada di dalam kandungan, diharapkan mampu membantu ibu hamil untuk memastikan kondisi kesehatan calon buah hatinya.

Pada awal kehamilan atau sekitar 4 minggu pertama, mungkin Anda tidak akan merasakan adanya gejala kehamilan. Bahkan salah satu tanda hamil yang mungkin saja bisa Anda rasakan adalah telatnya periode menstruasi. Meskipun gejala kehamilan tersebut sulit Anda rasakan di awal kehamilan, namun nyatanya janin Anda sudah bisa berkembang dengan baik setelah terjadinya pembuahan.

Perkembangan Janin pada Trimester Pertama

Dibawah ini ada beberapa perkembangan janin dalam kandungan di usia kehamilan trimester pertama yang harus Anda pahami, diantaranya adalah sebagai berikut:

Hamil 1 Bulan

Setelah terjadinya proses pembuahan, tahapan awal perkembangan calon buah hati Anda yaitu dimulai dari embrio menuju zigot. Kemudian zigot ini akan berjalan menuju bagian Rahim kemudian akan membentuk yang namanya morula. Morula ini yaitu sekelompok sel yang mana bentuknya snagat mirip dengan buah rasberi. Setelah itu morula ini akan berkembang melalui beberapa tahapan.

Dibulan pertama kehamilan atau ketika hamil 1 bulan, bagian kantung ketuban mulai terbentuk fungsinya nanti untuk melindungi embrio tersebut dengan cara membungkus embrio ini dengan sangat ketat. Bukan hanya itu, bagian fisik buah hati Anda juga sudah bisa terbentuk dengan baik di bulan pertama kehamilan, yang ditandai dengan munculnya satu area menyerupai suatu lingkaran hitam di bagian wajah dan akan berkembang menjadi mata.

Tidak hanya disana, karena perkembangan fisik lainnya juga meliputi bagian rahang bawah serta bagian mulut. Bahkan bagian tenggorokan juga mulai tumbuh di bagian dalam. Selain bagian fisik bayi, bagian plasenta juga sudah mulai terbentuk di bulan pertama ini, dimana embrio akan memperoleh asupan nutrisi yang berasal dari ibu melalui bagian plasenta yang terbentuk ini.

Hamil 2 Bulan

Ketika Anda hamil 2 bulan, bagian tulang si kecil sudah mulai terbentuk. Bahkan bagian jaringan sistem syaraf pusat janin Anda juga sudah ikut terbentuk, berupa bagian otak, bagian syaraf tulang belakang dan juga bagian jaringan saraf tepi. Pada bulan ini umumnya bagian janin juga sudah mulai terbentuk, perkembangannya bersamaan dengan adanya sistem peredaran darah dalam tubuh.

Tidak hanya itu, di bagian kedua sisi kepala si kecil juga sudah mulai terbentuk lipatan yang cukup kecil, yang akan membentuk telinga. Tidak hanya telinga, karena di usia ini juga bagian tangan dan kaki janin juga sudah mulai terbentuk meskipun masih belum terbentuk dengan sempurna, dan ukuran embrio di bulan kedua ini yaitu sekitar 2,5 cm dengan berat sekitar 9,5 g.

Hamil 3 Bulan

Di usia kehamilan 3 bulan ini bagian organ dalam janin mulai terbentuk. Diantaranya seperti organ hati yang mulai memproduksi empedu, urin yang mulai bekerja, bahkan bagian sistem peredaran darah juga mulai bekerja. Yang harus Anda ketahui disini adalah, bahwa bagian sistem reproduksi mulai berkembang, namun sayangnya diusia 3 bulan ini jenis kelamin belum bisa dipastikan dengan akurat melalui pemeriksaan USG, karena jenis kelamin janin suatu saat ini kemungkinan masih bisa berubah.

Hebatnya lagi, meskipun masih berusia 3 bulan, namun bagian tubuh janin sudah terbentuk dengan lengkap meskipun masih belum sempurna, dimana tubuh sudah memiliki tangan, kaki, telinga dan juga mulai terbentuk gigi. Di usia 3 bulan ini juga janin sudah bisa mengepalkan tangannya dan membuka mulutnya. Panjang janin di usia 3 bulan ini sekitar 7,5-10 cm dengan berat sekitar 28 gram.

Perkembangan Janin pada Trimester Kedua

Memasuki usia kehamilan trimester dua, biasanya Anda sudah mulai bisa mendengar detak jantung buah hati Anda ketika Anda memeriksakan kehamila. Di usia ini juga bagian kelamin buah hati Anda mulai berkembang dengan baik, bahkan Anda sudah bisa merasakan gerakannya yang sungguh aktif.

Hamil 4 Bulan

Di usia kehamilan 4 bulan ini, buah hati Anda sudah memiliki prostat jika ia berjenis kelamin laki-laki. Namun jika janin berjenis kelamin perempuan, maka bagian folikel di bagian ovarium mulai terlihat. Moms, di usia hamil 4 bulan ini bagian tulang janin juga sudah mulai terbentuk dengan baik, bahkan di bagian kepalanya yang masih kecil juga sudah mulai ditumbuhi rambut-rambut yang lembut.

Bagaimana dengan bagian wajahnya? Untuk bagian wajah, mata janin sudah mulai menghadap ke depan bahkan sudah bisa bergerak, bahkan posisi telinga buah hati Anda juga sudah berada di tempatnya yang tepat.

Hamil 5 Bulan

Di usia 5 bulan bagian kulit si kecil sudah tertutupi dengan lapisan putih yang bertujuan untuk melindungi dirinya dari cairan ketuban. Biasanya lapisan ini akan mulai terlepas dengan sendirinya ketika buah hati Anda bersiap lahir. Bagian otot janin juga sudah berkembang dengan baik di usia kehamilan 5 bulan ini, bahkan buah hati Anda sudah bisa menggerakkan tubuh untuk melatih sejumlah ototnya yang sudah mulai bekerja. Di usia 5 bulan ini umumnya janin memiliki panjang sekitar 160 mm.

Hamil 6 Bulan

Moms, memasuki usia kehamilan 6 bulan bagian kelopak mata janin sudah terlihat dengan jelas, bahkan bagian matanya sudah bisa terbuka dan menutup dengan baik. Bagian pembuluh vena juga sudah terlihat melalui bagian kulit, hal ini di karenakan si kecil sudah memiliki kulit meskipun teksturnya masih sangat tipis dan juga keriput.

Di usia kehamilan 5 bulan umumnya denyut nadi buah hati Anda bisa meningkat dengan sendirinya, hal ini terjadi karena adanya pertanda kalau si kecil sudah bisa menangkap adanya rangsangan, apalagi jika mereka mendengar suara yang berasal dari luar perut. Di usia 5 bulan janin memiliki berat sekitar 460 gram dengan panjang sekitar 190 mm.

Perkembangan Janin pada Trimester Ketiga

Selamat moms, kehamilan Anda sudah memasuki trimester akhir atau trimester ketiga, dimana umumnya di usia ini jenis kelamin si kecil sudah bisa Anda lihat melalui tes USG. Berikut perkembangan janin di trimester tiga kehamilan.

Hamil 7 Bulan

Di kehamilan ke-7 bulan ini umumnya janin sudah bisa mengangkap adanya cahaya yang berasal dari luar, ia juga sudah bisa merasakan sakit, dapat mendengar suara, serta mereka sudah bisa mengubah posisi tubuhnya di dalam perut sana.

Hebatnya lagi di usia 7 bulan ini bagian pendengaran si kecil juga sudah berkembang dengan baik, bahkan tubuh juga sudah bisa menyimpan lemak dengan baik. Di usia kehamilan 7 bulan janin pada umumnya memiliki berat sekitar 900-1.800 g dengan panjang sekitar 36 cm.

Hamil 8 Bulan

Selamat moms, sebentar lagi Anda memasuki bulan terakhir kehamilan Anda, dimana di usia kehamilan 8 bulan janin sudah bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, bahkan perkembangannya sudah bisa dikatakan sempurna meskipun belum 100%, terutam abagian paru-paru. Berbeda dengan paru-paru, dimana bagian otak si kecil sudah berkembang dengan cukup baik jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Bahkan cadangan lemak tubuh si kecil juga sudah meningkat dengan baik, seiring dengan bertambahnya usia si kecil. Hampir sama dengan bulan sebelumnya, dimana gerakan si kecil sudah bisa Anda rasakan dengan sangat aktif.

Hamil 9 Bulan

Horeee, akhirnya bulan yang di nanti-nanti telah tiba, inilah saatnya Anda menunggu proses persalinan. Di usia kehamilan 9 bulan ini bagian tubuh si kecil baik luar maupun dalam sudah terbentuk dengan sempurna. Bahkan bagian mata dan juga telinga si kecil sudah bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, kondisi janin juga sudah mulai peka jika ia diberikan rangsangan berupa sentuhan atau bahkan cahaya yang diberikan. Janin memiliki berat sekitar 2,5-3,2 kg dengan panjang sekitar 46-51 cm. Kondisi ini menunjukkan kalau buah hati Anda sudah siap terlahir ke dunia ini dengan posisinya yang muali berpindah, yakni dimana posisi kepala sudah berada di bagian bawah atau bagian jalan lahir.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *