Perkembangan Janin 1 Bulan Dalam Kandungan

Apakah Anda sedang hamil 1 bulan? Saat ini bayi Anda yang sedang tumbuh bahkan belum mencapai 3mm dan masih belum jauh lebih besar dari biji apel. Meskipun ukurannya kecil, ada banyak hal yang terjadi ketika embrio terbagi menjadi tiga bagian yang berbeda!

Dalam satu bagian otak dan sistem saraf pusat sudah mulai terbentuk ketika tabung saraf mereka berkembang. Pada dua bagian lainnya, jantung dan sistem peredaran darah sudah mulai terbentuk, paru-paru dan usus berada pada tahap awal perkembangan.

Betapa menakjubkannya bahwa semua ini benar-benar tidak terdeteksi oleh dunia luar (dan mungkin bahkan Anda, pada titik ini).

Tahukah kamu:

  • Bayi mulai tidur mulai 4 minggu setelah pembuahan
  • Telur Anda yang telah dibuahi kira-kira seukuran biji apel
  • Jantung embrio mulai berdetak hanya 3 minggu setelah pembuahan
  • Sebelum bulan pertama trimester pertama, pendengaran bayi terbentuk

Hamil 1 Bulan

Anda mungkin merasakan beberapa gejala pada empat minggu
kehamilan , tetapi ada setiap kesempatan Anda akan menurunkannya sampai menstruasi Anda tiba. Payudara Anda mungkin memiliki perasaan ‘waktu dalam sebulan’, dan Anda bahkan mungkin mengalami pendarahan mungkin bercak atau ringan.

Jika Anda telah menjalani tes kehamilan dan hasilnya positif, Anda harus menindaklanjutinya dengan kunjungan ke dokter atau bidan sesegera mungkin. Saat sedang melakukan konsultasi pertama dan Anda akan memberi tahu dokter bahwa Anda hamil, Anda akan ditanyai tentang riwayat kesehatan kehamilan dan keluarga Anda dan diberikan informasi tentang nutrisi & kesejahteraan dalam kehamilan serta apa yang akan terjadi dengan perawatan antenatal Anda yang sedang berlangsung.

Begitu Anda tahu bahwa Anda sedang hamil, jika Anda seorang perokok, Anda harus berhenti merokok untuk melindungi bayi Anda yang sedang tumbuh dan untuk menjaga kesehatan Anda sendiri.

Gejala Hamil 1 Bulan

Pendarahan implantasi

Jika pada usia kehamilan 4 minggu Anda melihat sedikit pendarahan, atau keputihan berwarna merah muda atau kecoklatan, kemungkinan itu adalah pendarahan implantasi yang terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel ke lapisan rahim untuk mulai tumbuh. Diperkirakan sekitar sepertiga wanita mengalami pendarahan implantasi. Kesulitan untuk membedakannya adalah bahwa gejala itu sama dengan gejala yang terjadi t dengan menstruasi, sehingga kita sering bingung untuk membedakannya. Anda tidak perlu khawatir denagn tanda awal kehamilan inikarena hal ini i sangat normal dan tidak ada resiko untuk bayi yang sedang berkembang. Namun, jika Anda juga mengalami sakit perut bagian bawah, mual, pusing, atau muntah, Anda harus mengunjungi dokter.

Payudara yang sakit

Memiliki payudara yang lembut di awal kehamilan Anda adalah gejala awal kehamilan yang umum dan terjadi sebagai akibat dari peningkatan hormon untuk membantu mendukung bayi Anda yang sedang tumbuh. Tubuh Anda akan menghasilkan lebih banyak hormon estrogen dan progesteron, seperti halnya menjelang menstruasi. Anda juga mungkin memperhatikan di awal kehamilan terdapat pembuluh vena kebiruan tepat di bawah permukaan kulit payudara Anda. Ini membawa nutrisi dan cairan dari Anda ke bayi Anda. Cara terbaik untuk mengurangi rasa sakit payudara selama kehamilan adalah dengan mengenakan bra yang nyaman dan pas.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *